Home » » Kesehatan Gigi : Bahaya Membiarkan Gigi Berlubang.

Kesehatan Gigi : Bahaya Membiarkan Gigi Berlubang.



Gigi berlubang jangan dianggap enteng, karena membiarkan gigi berlubang akan berdampak pada kesehatan tubuh yang lain. Gigi berlubang jika didiamkan terus-menerus akan menyebabkan kuman menyerang saraf dan pembuluh darah di dalam gigi, serta menyebar ke seluruh bagian gigi. Pada saat kuman menyerang saraf dan pembuluh darah gigi, gejala yang timbul adalah sakit tanpa ada rangsang (sakit spontan) dan berdenyut terus-menerus. Biasanya jika rasa sakit ini bisa ditahan oleh pasien, atau dibantu dengan minum obat anti rasa sakit, maka rasa sakit akan hilang sementara dan pasien tidak akan mencari pertolongan ke Dokter Gigi.


Jika gigi berlubang didiamkan saja dan tidak mendapatkan perawatan secara benar bisa mengakibatkan bakteri terus melepaskan toksin-nya hingga menjalar ke bagian ujung akar gigi. Dan sebagai proses pertahanan tubuh dari pasien terhadap toksin bakteri, maka di bagian ujung akar tersebut akan terbentuk reaksi peradangan berupa abses, granuloma, atau bahkan kista pada bagian ujung akar gigi. Pada tahap ini, gejala yang dirasakan pasien adalah rasa sakit jika gigi ditekan atau dipakai mengunyah, terkadang timbul bengkak kecil di bagian gusi dekat akar gigi tersebut.

Tentu saja, jika anda kembali membiarkan keadaan tersebut, kuman akan berlanjut melepaskan toksin-nya melalui pembuluh darah menuju ke organ-organ lain di seluruh tubuh anda. Dilaporkan beberapa kasus penyakit pada organ tubuh yang berkaitan dengan kuman yang berasal dari gigi berlubang antara lain, penyakit jantung, ginjal, lambung, dan sebagainya.

Untuk menghindari bahaya gigi berlubang, sebaiknya lakukan perawatan yang benar terhadap gigi. Jaga pola makan yang sehat, dan kurangi makan makanan manis yang menempel. Bersihkan gigi setelah makan, agar tidak ada sisa makanan yang menempel di gigi yang bisa menjadi sumber tumbuhnya bakteri merugikan di gigi.

Pada gigi yang sudah berlubang, sebaiknya lakukan perawatan yang benar dengan memeriksakan ke Dokter gigi. Dengan demikian kita akan terhindar dari bahaya penyakit gigi berlubang.

0 komentar:

Posting Komentar