Home » » Tips Tetap Bugar Selama Puasa

Tips Tetap Bugar Selama Puasa

Tips Tetap Bugar Selama Puasa--Bulan Ramadan telah tiba, puasa harus tetap terjaga. Puasa bukan berarti harus berhenti beraktifitas, sebab saat puasa produktifitas ibadah lebih bernilai dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya.

Penting sekali untuk menjaga kebugaran tubuh agar dapat melaksanakan ibadah maksimal dibulan mulia. Berpuasa seharian, tidak lantas membuat Anda lesu dan lemas sehingga tidak produktif.

Tips Tetap Bugar Selama Puasa

Sobat Sehat dan Cantik kali ini akan berbagi tips tetap bugar selama puasa, yang pernah juga dilansir oleh sebuah situs islamiquemagazine.com, nah kita simak bersama yuk :

• Agar Tetap Bugar saat puasa maka jaga asupan air minum tubuh anda. Pastikan anda memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan tetap mengkonsumsi air 8 gelas sehari. Biasakanlah untuk minum air putih saat berbuka puasa, setelah berbuka, setelah tarawih, saat bangun tidur dan setelah makan sahur agar kebutuhan cairan tubuh tetap terpenuhi. Selain air putih, teh, jus buah segar juga baik untuk dikonsumsi. Kekurangan cairan akan membuat badan lemas,lesu, bahkan bisa sakit kepala, sehingga tidak dapat fokus pada pekerjaan Anda.

• Jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi garam dan gula. Berbuka puasa dengan yang manis adalah sunnah dan sangat baik untuk tubuh. Namun apabila konsumsi gula terlalu berlebihan dikwatirkan akan membuat otak tidak optimal, retensi air dalam tubuh sehingga mudah haus dan berdampak pada bau mulut. Begitupun dengan konsumsi garam, maka sudah saatnya mengurangi makanan ringan anda yang terlalu banyak mengandung gula dan garam.

• Tetap kunyah makanan secara berlahan. Walau kondisi perut sudah keroncongan saat tiba waktu berbuka, namun ketika makan jangan tergesa-gesa sehingga makanan lupa dikunyah. Kunyah makanan denga berlahan agar kita bisa mengontrol nafsu makan dan enzim pencernaan juga memiliki waktu lebih lama untuk melakukan proses pekerjaannya memecah makanan. Makan tergesa-gesa membuat Anda tidak cepat kenyang sehingga harus makan dalam jumlah besar. Selain itu, Anda juga beresiko terkena gangguan pencernaan dan perut ber-gas.

Nah itulah tips Tetap bugar selama Puasa, selain itu angat penting untuk tetap memiliki pola makan yang sehat selama berpuasa agar badan tetap fit dan aktivitas tetap berjalan lancar. Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga bulan Ramadhan tahun ini lebih indah.

0 komentar:

Posting Komentar