Home » , » Manfaat Buah Pepaya Tiada Duanya!

Manfaat Buah Pepaya Tiada Duanya!

Ingin tahu manfaat buah pepaya untuk kesehatan anda? Nah, pada artikel ini kami akan membahas beragam manfaat serta khasiat buah lonjong yang manis ini. Setelah anda membaca manfaat buah pisang pada ulasan sebelumnya,maka anda juga wajib menyimak informasi berikut:


manfaat buah pepaya  


Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya. C. papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, "papaja", yang pada gilirannya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, "papaya". Dalam bahasa Jawa pepaya disebut "kat�s" dan dalam bahasa Sunda "gedang".

Manfaat Buah Pepaya

Buah pepaya dapat dikonsumsi dagingnya baik saat masih muda ataupun telah masak. Daging buah pepaya muda dikonsumsi sebagai sayuran, sedangkan daging buah pepaya yang telah matang dapat dimakan langsung atau ditambahankan pada campuran es buah. Daun pepaya, jika masih muda, sering kali digunakan sebagai lalapan, biasanya direbus terlebih dahulu, atau dipakai sebagai pembungkus buntil. Bunga pepaya kadangkala juga dijadikan urap ole orang Manado.

Sedangkan getah yang biasa ditemukan di daun, batang, dan buah mengandung enzim papain, berupa sejenis enzim protease yang bisa melunakkan daging serta mengganti konformasi protein. Oleh sebab itu daun pepaya sendiri selain dimanfaatkan sebagai sayuran, juga dapat digunakan sebagai bahan pelunak daging.

Kini papain telah diproduksi massal sebagai komoditas dagang. Tentu bahan baku untuk memproduksi papain ialah getah pepaya itu sendiri, dengan bahan pendukung berupa air dan sulfit. Air berfungsi agar getah pepaya lebih encer, sedangkan sulfit yang akan melarutkan bahan kimia dari getah tersebut.

Nah, banyak bukan manfaat buah pepaya? Berikut kami ulas lebih jauh beberapa khasiat pepaya bagi kesehatan:

Khasiat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Meredakan peradangan
Pepaya terbukti ampuh sebagai pereda panas dalam. Selain itu, kandungan papain dan chymopapain dapat pula meredakan dan mempercepat proses penyembuhan luka bakar.

Mengatasi masalah pencernaan
Enzim proteolitik pepaya sangat tinggi, inilah sebabnya pepaya penting dalam produksi protein tubuh manusia. Selain itu, Enzim papain berfungsi membantu penyerapan makanan, terutama pada seseorang yang mengidap masalah pada pankreas atau organ lainnya. Biasanya, karena tingginya manfaat buah pepaya bagi pencernaan, kapsul siap diminum yang mengandung enzim papain sudah banyak dijual.

Pembersih Usus
 Ternyata, pepaya tidak hanya memperlancar proses buang air besar, namun juga dapat membersihkan racun - racun dalam usus yang terserap oleh tubuh. Kandungan serat dan antioksidannya mampu membersihkan racun pada bagian usus tertentu dan mengeluarkannya melalui saluran pembuangan. Itu sebabnya proses buang air besar anda lebih lancar jika rutin mengonsumsi pepaya.

Berikut ramuan pepaya untuk membersihkan usus; 150 ml jus pepaya, 50 ml jus timun, serta 50 ml jus kacang hijau. Ramuan inilah yang harus dikonsumsi bergantian antara 12 jam.

Pencegah stroke dan penyakit jantung
 Plak yang terbentuk di dinding pembuluh darah disebabkan oleh kolesterol yang telah teroksidasi. Ini sebabnya seseorang terserang stroke dan penyakit jantung. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam pepaya mampu mencegah proses oksidasi kolesterol ini, sehingga menurunkan potensi penyakit jantung dan stroke.

Pencegah penuaan dini
Kandungan antioksidan pepaya juga dapat menangkal radikal bebas yang menyebabkan penyakit kulit, contohnya flek, keriput, bekas jerawat yang sulit hilang. Sedangkan vitamin A, C, E selain dapat membantu melembabkan kulit, juga dapat mengembalikan kulit yang kering kusam menjadi lebih cerah.

Sebagai buah afrodisiak
Manfaat buah pepaya yang terakhir yakni pepaya ternyata juga dikenal sebagai buah afrodisiak. Enzim arginine yang terkandung dalam pepaya efektif membantu aliran darah di mr P. Enzim ini mendorong asam nitrat agar merilekskan otot sekitar pembuluh darah, akibatnya mr P membesar sebab aliran darah di area itu lebih lancar.

Nah, itulah seputar manfaat buah pepaya. Jangan lupa share ke sosial media seperti facebook twitter dan google plus apabila anda rasa artikel ini dapat bermanfaat bagi banyak orang. Dengan dukungan anda lah kami dapat menjadi situs yang terkemuka dan menyajikan informasi setiap saat. Terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar