Home » , , » Tips Kesehatan Tetap Sehat Saat Terkena Kanker Payudara

Tips Kesehatan Tetap Sehat Saat Terkena Kanker Payudara



Kanker payudara sudah menjadi momok sebagai penyakit paling menakutkan. Namun sesungguhnya kanker apapun masih dapat disembuhkan. Namun seringkali sikap mental kita justru memperparah penyakit yang kita derita. 

kanker payudara
Semua orang memang tidak ingin mendapat musibah kankerpayudara, namun tidak ada salahnya kita mengetahui apa saja hal yang bisa kita lakukan agar tetap sehat saat terkena kanker payudara.

Berikut tips agar tetap sehat saat terkena kanker payudara :

1.            SHARE
Ketika Anda difonis terkena kanker, sikap optimis harus dibangun, karena penyakit kanker Insya Allah masih dapat disembuhkan. Jangan pernah memendam penyakit anda dengan alas an tidak ignin membebani keluarga. Sharelah dengan keluarga, sahabat, dan orang-orang yang dapat anda percaya. Selainkan dapat meringankan beban psikologis, adna juga akan memperoleh informasi berharga untuk kesembuhan.
2.            Cari 2nd opinion
3.            Lakukan semua langkah pengobatan baik medis maupun tradisional.
4.            Perbaiki pola hidup anda (sebaiknya sedini mungkin), dengan memakan makanan bergizi tanpa pengawet dan perasa, serta berolahraga teratur.

Larangan atau Pantangan Penderita Kanker Payudara.
Jika kita sudah terserang kanker payudara, kita harus menghindari atau mengurangi asupan konsumsi beberapa jenis makanan.  Karena ada kalanya makanan atau minuman tertentu akan memacu pertumbuhan sel abnormal, termasuk kanker payudara.  Ada diantaranya yang mengandung zat tumbuh yang jika diasup akan merangsang pembesaran kanker.  Ada pula yang mengandung karsinogenik akibat proses pengawetan.  Dan ada pula yang jika dikonsumsi akan mengurangi efek kerja obat dalam tubuh.
Beberapa makanan dan minuman yang dianjurkan untuk menghindari atau dikurangi konsumsinya:
  1.  Tauge
  2.  Vetsin
  3.  Tape
  4.  Es
  5.  Cabai
  6.  Kurangi garam
  7.  Lengkeng
  8.  Alkohol
  9.  Nenas
10. Sawi putih
11. Daging merah
12. Rokok
13. Nangka
14. Durian
15. Soft drink
16. Kangkung
17. Ikan asin 

Anjuran dalam Masa Pengobatan Kanker Payudara.
Terdapat beberapa bahan makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin.  Konsumsinya boleh hanya satu jenis bahan saja atau campuran dari beberapa bahan.  Jika kita sedang terserang kanker payudara, dianjurkan untuk meminum jus bahan-bahan makanan berikut, lakukan dua kali satu gelas setiap hari.
1.  Wortel
2.  Lobak
3.  Pisang raja
4.  Belimbing manis
5.  Seledri
6.  Brokoli
7.  Kubis
8.  Apel
9.  Bawang putih
Minum juga susu kedelai setengah gelas, lakukan dua kali sehari, atau konsumsi selalu 100 gram tempe setiap hari.
Aneka Sayuran Hijau Pencegah Kanker:
1.  Buncis
2.  Daun singkong
3.  Kacang panjang
4.  Daun pepaya

Pemeriksaan Rutin
Dalam menjaga kesehatan organ reproduksi, menjaga kebersihan daerah intim saja belumlah cukup. Apalagi, saat ini kanker leher rahim menempati urutan pertama yang diderita wanita Indonesia, disusul oleh kanker rahim dan kanker indung telur (kanker ovarium). Karena itu, ada beberapa pemeriksaan rutin yang perlu dilakukan  untuk mendeteksi dini tumbuhnya kanker. Berikut ini beberapa pemeriksaan yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi di berbagai usia:

Usia 20 - 35 tahun

-SADARI (Memeriksa Payudara Sendiri)*

Sebaiknya dilakukan setidaknya sekali dalam sebulan, 2-3 hari setelah menstruasi. Jika menemukan benjolan, sekecil apa pun, berkonsultasilah kepada dokter.

- Pap Smear

Pemeriksaan untuk mendeteksi adanya kanker leher rahim pada wanita yang telah melakukan hubungan seks. Sebab, kanker ini berhubungan dengan perilaku seks.

Usia 35 - 40 tahun

- Mamografi

Sangat disarankan untuk menjalani mamografi setidaknya 3 tahun sekali, untuk mendeteksi kanker payudara.

Usia 40 tahun ke atas

- General Check Up

Karena pada usia 40-an kesehatan mulai menurun, pemeriksaan ini wajib hukumnya. Terutama untuk mengecek munculnya penyakit-penyakit degeneratif, seperti diabetes mellitus.

Semoga tips kesehatan tetap sehat saat terkena kankerpayudara diatas bermanfaat dan dapat membantu untuk menjaga kesehatan reproduksi kita.







0 komentar:

Posting Komentar