Home » » Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami.

Cara Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami.--Mata adalah panca indra penting dalam kehidupan, begitu gelap dunia tanpa penglihatan. Maka sudah sewajarnya bagi yang dikaruniakan mata yang sehat tentu harus bisa menjaga kesehatan mata sebagai wujud syukurnya.

Betapa berat dan kerasnya kerja sepasang mata, betapa tidak bagi yang bekerja seharian di depan komputer, mata harus menatap monitor berjam-jam, bagi yang suka nonton televisi pun demikian, dan tak kalah beratnya mata harus merekam semua hal yang bisa terlihat oleh mata. Karena kerja kerasnya itulah sudah sepantasnya kesehatan mata harus menjadi prioritas agar kesehatan tetap terjaga.
cara menjaga kesehatan mata secara alami


Nah agar kesehatan mata terjaga dan terhindar dari gangguan mata, lebih baik kita melakukan pencegahan sedari dini mungkin. Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan agar kesehatan mata terjaga. Tips ini sudah banyak yang melakukan dan telah juga dilansir oleh sebuah website kesehatan doctoroz.com.

Berikut cara alami menjaga kesehatan mata, yuk kita simak bersama yah :

•    Agar kesehatan mata terjaga maka mata membutuhkan asupan gizi yang tercukupi. Sehingga mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata adalah wajib, jika ingin kesehatan mata tetap terjaga. Berikut beberapa makanan yang baik untuk mata diantaranya adalah :

1.    Makanan yang mengandung vitamin A, C, E.
2.    Makanan yang mengandung anti oksidan, seperti sayuran hijau, kuning telur, paprika kuning, labu, ubi, dan wortel.
3.    Makanan yang kaya akan sulfur, sisteina, lesitin seperti bawang putih, bawang bombay, dan bawang merah.
4.    Buah beri yang kaya akan antosianin seperti blueberry, anggur, dan goji beri.
5.    Makanan yang kaya akan DHA aatu asam lemak seperti yang ada pada ikan salmon, sarden, mackerel, dan cod.

•    Cara kedua agar kesehatan mata terjaga adalah olah raga mata.
Mata juga layaknya bagian tubuh yang lain, agar tetap bisa berfungsi normal dan optimal maka mata juga perlu olah raga. Lakukan latihan olahraga selama satu bulan untuk mendapatkan hasil maksimalnya, olah raga mata yang bisa anda lakukan antara lain sebagai berikut :
1.    Hangatkan mata. Caranya gosok-gosokkan telapak tangan Anda hingga hangat, lalu tangkupkan telapak tangan Anda di mata selama lima detik. Ulangi tiga kali.
2.    Putar bola mata. Caranya dengan melihat ke atas, putar bola mata Anda perlahan 10 kali searah jarum jam dan 10 kali berlawanan dengan arah jarum jam.
3.    Fokus. Pegang sebuah bolpoin di tangan Anda lalu ulurkan tangan Anda ke depan dan fokuskan perhatian Anda pada bolpoin tersebut. Secara perlahan dekatkan bolpoin itu ke mata Anda dengan jarak 12 cm dari hidung Anda. Lalu jauhkan kembali. Lakukan selama sepuluh kali.
4.    Pijat kedua pelipis Anda dengan menggunakan ibu jarak. Pijat dengan gerakan memutar searah 20 kali dan berlawanan arah 20 kali. Lakukan pijatan yang sama di bagian tengah antara kedua alis, di bawah mata, dan di batang hidung.
5.    Tidur sebentar. Baringkan tubuh Anda dan pejamkan mata selama 3 menit.

•    Cara Ketiga adalah Istirahat Untuk Mata
Dengan tidur 8 jam sehari saja sebenarnya sudah bisa membantu menjaga kesehatan mata Anda, namun jika anda bekerja di depan komputer, lebih baik istirahatkanlah mata anda 10 menit setalah 50 menit anda menatap layar monitor komputer. Jika mata anda terasa amat sangat lelah, Anda bisa menggunakan potongan timun untuk mendinginkan mata Anda, letakkan potongan mentimun di kelopak mata anda. Dan dapatkan sensasi dinginnya.

Nah itulah beberapa cara menjaga kesehatan mata secara alami, semoga bermanfaat buat anda. Jika bermanfaat jangan lupa berbagi dengan sahabat, saudara dan teman anda, agar mereka juga merasakan manfaatnya. Terimah Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar